Filter Air Kran untuk Wastafel dan Kamar Mandi

Filter air kran atau penyaring kran wastafel atau kamar mandi digunakan untuk memperbaiki kualitas air yang digunakan. Dengan menggunakan filter air kran yang tepat, kamu dapat menghilangkan zat-zat berbahaya dan menjaga kebersihan air yang digunakan sehari-hari. Filter air ini dirancang khusus untuk menghilangkan kontaminan sehingga dapat meningkatkan kualitas air yang dikonsumsi di rumah.

Manfaat Filter Air Kran

filter air untuk kran

Air yang telah melewati filter air kran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan alat penyaring air kran :

1. Menghilangkan Klorin dan Bau Tidak Sedap

Alat penyaring air kran dapat menghilangkan klorin yang biasanya ditambahkan ke air kran sebagai desinfektan. Menghilangkan klorin akan meningkatkan rasa dan aroma air yang diminum, serta makanan yang dimasak menggunakan air tersebut. Selain itu, penyaring air kran juga mampu menghilangkan bau tidak sedap yang sering terdapat pada air tersebut.

2. Mengurangi Kontaminan dan Logam Berat

Air kran dapat mengandung kontaminan seperti logam berat (misalnya, timbal, merkuri, arsenik), bahan kimia, pestisida, dan zat-zat berbahaya lainnya. Penyaring air kran yang efektif dapat menyaring kontaminan ini, mengurangi resiko paparan terhadap mereka, dan menjaga kualitas air yang lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

3. Menyaring Sedimen dan Partikel Kasar

Air kran sering mengandung sedimen dan partikel kasar, seperti pasir, lumpur, atau endapan lainnya. Filter air kran dapat menyaring dan menghilangkan sedimen tersebut, sehingga menghasilkan air yang lebih jernih dan bebas partikel kasar. Hal ini penting untuk menjaga kualitas dan kinerja peralatan rumah tangga, seperti keran, shower, dan perangkat elektronik yang menggunakan air.

4. Meningkatkan Kualitas Air Minum

Dengan menggunakan filter air, kamu dapat memastikan air minum yang lebih baik dalam hal rasa, aroma, dan kebersihan. Filter air ini mampu menghilangkan partikel-partikel padat, sedimen, dan kotoran yang mungkin ada dalam air kran, sehingga menghasilkan air yang lebih jernih dan lebih segar.

Baca Juga :  Filter Air Minum Rumahan Bersama Nanotec Sebagai Pilihannya

5. Menjaga Kesehatan Keluarga

Dengan mengurangi kontaminan dan logam berat dalam air kran, filter air dapat membantu melindungi kesehatan keluarga. Paparan jangka panjang terhadap logam berat dan kontaminan berbahaya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh, kerusakan organ, dan gangguan perkembangan pada anak-anak. Dengan menggunakan filter air, kamu dapat mengurangi resiko paparan terhadap zat-zat tersebut dan kesehatan keluarga tetap terlindungi.

6. Mengurangi Penggunaan Botol Plastik

Dengan memiliki filter air kran yang efektif, kamu dapat mengurangi ketergantungan pada air kemasan botol plastik. Sehingga, kamu juga ikut berkontribusi pada pengurangan sampah plastik dan membantu melindungi lingkungan.

7. Mengurangi Resiko Infeksi Bakteri dan Parasit

Filter air kran yang dirancang khusus dapat menghilangkan bakteri dan parasit yang mungkin terdapat dalam air kran. Ini membantu mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan, seperti diare, yang disebabkan oleh mikroorganisme yang terdapat dalam air.

8. Melindungi Kulit dan Rambut

Air kran yang mengandung klorin dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan rambut. Dengan menggunakan filter air kran, kamu dapat menghilangkan zat-zat tersebut dan mengurangi resiko iritasi, kulit kering, dan rambut kusam.

9. Meningkatkan Efisiensi Peralatan Rumah Tangga

Air kran yang mengandung mineral berlebihan atau sedimen dapat mempengaruhi kinerja peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, pemanas air, dan setrika. Filter air kran membantu melindungi peralatan rumah tangga dari penumpukan mineral dan kotoran, sehingga meningkatkan umur dan efisiensi peralatan tersebut.

10. Mengurangi Kebutuhan Penggunaan Deterjen

Air kran yang mengandung mineral berlebihan dapat menyebabkan pembentukan kerak pada piring, gelas, dan perlengkapan dapur lainnya. Dengan menggunakan air yang telah difilter, kamu dapat mengurangi kebutuhan penggunaan deterjen dalam mencuci, menghemat biaya dan menjaga kebersihan peralatan makan.

Baca Juga :  Filter Aquarium dari Talang Air Pentingnya dan Cara Kerjanya

11. Menambah Kualitas Air untuk Hobi dan Kegiatan Sehari-Hari

Filter air kran dapat meningkatkan kualitas air yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti memasak, membuat kopi atau teh, serta mengisi akuarium atau kolam renang kecil. Air yang lebih bersih dan bebas kontaminan akan memberikan hasil yang lebih baik dalam hobi dan kegiatan tersebut.

Cara Membuat Alat Penyaring Air Keruh Buatan Sendiri

filtrasi air

Membuat alat penyaring air keruh buatan sendiri dapat menjadi alternatif yang murah dan efektif. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat alat penyaring air keruh buatan sendiri :

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan :

  • Botol plastik besar (misalnya, botol galon bekas)
  • Pasir halus
  • Kerikil atau batu kerikil kecil
  • Arang aktif
  • Kain kasa atau kain saring

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Bersihkan botol plastik bekas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa yang mungkin ada.
  2. Potong bagian bawah botol plastik dengan pisau atau gunting. Bagian bawah botol akan menjadi bagian yang akan menyaring air.
  3. Siapkan lapisan penyaring pertama dengan menambahkan kerikil atau batu kerikil ke dalam botol. Pastikan lapisan ini cukup tebal, sekitar 2-3 cm, untuk membantu menyaring partikel-partikel kasar dalam air.
  4. Tambahkan lapisan kedua dengan pasir halus di atas lapisan kerikil. Lapisan pasir ini juga harus tebal, sekitar 10 cm, untuk menyaring partikel-partikel lebih kecil dalam air.
  5. Lapisan ketiga adalah lapisan arang aktif. Tambahkan arang aktif ke dalam botol dengan ketebalan sekitar 5 cm. Arang aktif akan membantu menyerap bau, rasa, dan beberapa kontaminan kimia dalam air.
  6. Terakhir, letakkan kain kasa atau kain saring di atas lapisan arang aktif untuk mencegah pasir dan arang aktif masuk ke air yang disaring.
  7. Tutup bagian atas botol dan pastikan penutupnya aman dan rapat.
  8. Alat penyaring air keruh buatan sendiri siap digunakan.
Baca Juga :  Filter Air Bersih Kapasitas Besar untuk Keamanan Pasokan Air

Untuk menggunakannya, isi bagian atas botol dengan air yang akan disaring dan biarkan air tersebut meresap melalui lapisan penyaring dalam botol. Air yang keluar dari lubang di bagian bawah botol akan menjadi lebih jernih dan lebih bersih.

Perlu diingat bahwa meskipun alat penyaring air keruh buatan sendiri ini dapat membantu menghilangkan beberapa kontaminan dan partikel dalam air, tidak dapat menjamin penyaringan yang sepenuhnya efektif seperti filter air kran yang dibeli. Jika memungkinkan, selalu disarankan untuk menggunakan filter air yang telah diuji dan terbukti efektif dalam menyaring air secara menyeluruh.

Kesimpulan

Filter air kran adalah solusi yang penting dan bermanfaat dalam menyediakan air bersih dan aman di rumah. Dengan menggunakan filter air ini, kamu dapat menghilangkan klorin, kontaminan, logam berat, dan zat-zat berbahaya lainnya yang sering terdapat dalam air kran tersebut.

Filter air kran terbaik juga membantu meningkatkan rasa, aroma, dan kejernihan air yang diminum serta mengurangi resiko infeksi bakteri dan parasit. Namun, sebelum membelinya, pastikan untuk mempertimbangkan harga, merk, dan jenis filter air terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa merek jual filter air kran populer seperti Nanotec, Ace Hardware, Zernii, dapat ditemukan di platform e-commerce seperti Shopee. Dengan investasi yang tepat pada filter air kran yang tepat dan efektif, kamu dapat memastikan air bersih dan sehat untuk kesehatan dan kenyamanan keluarga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top