Gunakan Nanotec Agar Air Sumur Jernih dan Tidak Bau

Sumber air di rumah kamu pakai sumur? Jika iya, apakah air sumur di rumahmu berbau tidak sedap?

Air sumur merupakan sumber air yang vital bagi banyak rumah tangga di berbagai belahan dunia. Namun, masalah umum yang sering dihadapi adalah bau yang tidak sedap yang menyertai air sumur. 

Bau ini bisa menjadi tanda adanya kontaminasi atau senyawa kimia yang mengganggu kualitas air. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab air sumur menjadi bau, solusi untuk menjernihkannya, serta bagaimana penggunaan Nanotec dapat menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi masalah ini.

Apa Penyebab Air Sumur Menjadi Bau dan Apa yang Terjadi Apabila Kita Konsumsi

Apa Penyebab Air Sumur Menjadi Bau dan Apa yang Terjadi Apabila Kita Konsumsi

Air sering kali disebut sebagai sumber kehidupan karena makhluk hidup tidak akan mampu bertahan hidup tanpa air. Air dapat berasal dari berbagai sumber, seperti mata air, air hujan, air laut, dan air permukaan seperti danau dan sungai. Selain itu, sumber air yang sering digunakan adalah air tanah. Namun, tidak semua daerah memiliki kualitas air tanah yang baik, apalagi jika kamu berada di area perkotaan. 

Bahaya pada air tanah di perkotaan dan wilayah padat penduduk bisa saja berasal dari aktivitas manusia, pembuangan limbah industri, kebocoran tangki penyimpanan bahan bakar, atau rembesan dari tempat pembuangan sampah.

Tentu saja, air bau dan keruh merupakan pertanda air yang tidak sehat dan tidak layak untuk kita konsumsi. Penyakit akibat air yang kotor ini akan muncul jika kamu tetap mengonsumsi atau menggunakan air tersebut. Berikut beberapa penyebab air sumur bau:

  1. Bakteri yang tertinggal di dalam air akan menyebabkan bau yang tidak sedap.
  2. Gas H2S atau hidrogem sulfida merupakan suatu gas yang umunya membuat air menjadi bau seperti telur busuk. Hal ini bisa terjadi karena sumur atau pipa air berjarak terlalu dekat dengan tangki kotoran.
  3. Campuran logam pada besi juga mencemari air yang berakibat pengeboran dan menyebabkan air sumur menjadi bau.
  4. Zat mangan atau unsur Mg juga dapat membuat air menjadi kuning dan bau ketika terkena udara.
Baca Juga :  Cara Agar Air Tanah Dapat Dikonsumsi untuk Optimalkan Kualitas

Apabila keempat hal diatas terkandung di dalam air, maka air sumur di rumah kamu akan berubah menjadi warna kuning dan tidak bening lagi serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Jika kamu akan tetap menggunakan air tersebut untuk dikonsumsi sehari-hari, beberapa penyakit juga akan timbul. Simak dibawah ini apa saja penyakit yang akan timbul akibat konsumsi air sumur yang kotor:

  1. Bakteri yang ada di air akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan sepert gatal-gatal, diare, demam, mual, dan pusing.
  2. Timah yang ada di dalam air tanah, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, gangguan ginjal, dan gangguan pertumbuhan pada anak-anak.
  3. Parasit Cryptosporidium di dalam air tanah merupakan patogen yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan berakibat fatal apabila kamu tidak segera ditangani.
  4. Selain itu, nitrat juga bisa menghambat pasokan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh pada bayi dan dapat menyebabkan kondisi sindrom bayi biru.

Jika air di rumah kamu menunjukkan tanda-tanda yang tidak sehat, segerakan bagi kamu untuk tidak mengonsumsi atau menggunakaan air tersebut. Kamu bisa gunakan penyaringan sumur menggunakan filter air Nanotec.

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur Secara Alami

Setelah kamu menetahui apa penyebab air sumur berbau yaitu yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri merupakan salah satu penyebab bau dalam air sumur, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah solusinya agar air sumur kembali jernih dan tidak bau:

1. Penggunaan Kaporit atau Tawas

Kaporit atau tawas dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan mengendapkan kotoran. Kaporit dan tawas ini efektif untuk menjernihkan air dan mengurangi bau besi. Namun, air yang telah diberi kaporit atau tawas tidak boleh langsung dikonsumsi. Biarkan beberapa hari hingga bau hilang sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga :  Filter Air Sumur Keruh dan Berbau

Selain itu, jika kamu menggunakan kaporit dengan konsentrasi 12% justru dapat mengakibatkan air menjadi bau kaporit. Jika ingin menghilangkan bau tersebut, masukkan air dalam lemari es hingga bau kaporit hilang.

2. Penambahan Kedalaman Sumur

Air sumur yang berbau dan keruh dapat disebabkan oleh kedalaman sumur yang tidak mencukupi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggali sumur lebih dalam agar air kotor tidak mencemari air sumur.

3. Pembersihan Dinding Sumur

Selain itu, membersihkan dinding sumur dengan cairan klorin juga dapat membantu menghilangkan bau dan bakteri secara instan.

4. Melapisi Dinding Sumur dengan Beton 

Melapisi dinding sumur dengan betondapat mencegah kebocoran dan menjaga kekokohan sumur. Sumur yang bocor dapat memungkinkan air kotor masuk dan mencemari air sumur.

Nanotec sebagai Filter Air Terbaik untuk Menciptakan Air Bersih dan Tidak Bau

Banyak negara di dunia saat ini menghadapi masalah kekurangan pada pasokan air bersih, termasuk beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi krisis air bersih ini diperkirakan akan berlanjut di masa mendatang. Untuk mengatasi krisis air bersih ini, solusi nanoteknologi dianggap penting, terutama dalam industri pengolahan air.

Bagi kamu jika ingin mendapatkan krisis air bersih, Filter Air Nanotec adalah jawabannya. Filter air Nanotec dianggap sebagai solusi yang efektif untuk menyediakan air tanpa kontaminan. Tidak hanya untuk industri pengolahan air, tetapi bisa juga untuk rumah tangga. Salah satu jenis nanoteknologi yang populer adalah tabung nano karbon yang dapat menyaring segala macam kontaminan dari air.

Selain itu, ada pula jenis nanoteknologi lain yang menggunakan bahan seperti pasir zeolite sebagai adsorben untuk menangkap molekul berbahaya dalam air. Nanopartikel magnetik juga digunakan untuk mengekstrak bahan kimia dari air. Maka dari itu, filter air nanoteknologi ini sangat bermanfaat terutama di daerah-daerah pedesaan atau sulit diakses yang membutuhkan pasokan air bersih yang dapat diandalkan.

Baca Juga :  Filter Air Bekasi Jasa Pasang dan Layanan PT. Central Filter Air

Kesimpulan

Masalah bau dan keruhan pada air sumur merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak rumah tangga. Penyebabnya pun beragam mulai dari bakteri, gas H2S, logam besi, dan zat mangan. Selain itu, konsumsi air yang terkontaminasi dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan serius. 

Nah untuk mengatasi masalah ini, berbagai metode alami seperti penggunaan kaporit atau tawas, peningkatan kedalaman sumur, dan pembersihan dinding sumur bisa diterapkan. Namun, solusi yang lebih efektif adalah dengan menggunakan filter air Nanotec, yang menggunakan teknologi nanoteknologi untuk menyaring segala macam kontaminan dari air sumur, menjadikannya bersih dan tidak berbau.

Agar air sumur di rumah kamu tetap bersih, jernih, dan bebas dari bau yang tidak sedap, yuk jangan ragu untuk memasang filter air Nanotec sekarang juga! Dengan Nanotec, kamu bisa mendapatkan pasokan air yang sehat dan jernih setiap hari. Klik di sini untuk info pemesanannya dan nikmati kualitas air yang terbaik untuk keluarga kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top