Air Bau Besi dan Kuning Cara Mengatasinya dengan Nanotec

Seiring dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan dan kesejahteraan, banyak orang mulai memperhatikan kualitas air yang mereka gunakan sehari-hari. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah air yang memiliki bau besi dan berwarna kuning. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab utama air mengandung besi dan mengapa air tersebut dapat berubah menjadi warna kuning. Selain itu, kita akan membahas potensi bahaya dari menggunakan air bau besi. Terakhir, kita akan melihat berbagai cara yang dapat diambil untuk mengatasi masalah air bau besi dan kuning, termasuk pemasangan media filter air dengan jenis tabung nanotec 1054.

Kenapa Air Seperti Bau Besi dan Berwarna Kuning?

Kenapa Air Seperti Bau Besi dan Berwarna Kuning

Kamu mungkin pernah mengalami situasi di mana air tanah yang digunakan sehari-hari memiliki bau besi dan warnanya agak kekuningan. Meskipun tidak semua daerah di Indonesia mengalami hal serupa, namun kadang-kadang kondisi ini akan terjadi. Bau dan perubahan warna air tanah ini umumnya terkait dengan komposisi kimia air tersebut.

Seorang ahli air, Dr Ir Firdaus Ali, M. Sc, menjelaskan bahwa bau besi dalam air tanah dapat menandakan adanya kandungan mangan (Mn) yang berlebihan. Normalnya, kandungan mangan dalam air sekitar 0,3 mg/I. Jika melebihi batas ini, air dapat memiliki rasa dan bau yang tidak menyenangkan.

“Secara nyata, dapat diamati bahwa ketika air mengandung kadar mangan yang berlebihan, akan mninggalkan noda yang terlihat, jika tumpah di permukaan porselen akibat zat kimia yang terlarut dalam air,” tuturnya.

Selain itu, beliau menyatakan bahwa warna dan bau dalam air juga dapat disebabkan oleh air tanah yang melewati berbagai elemen seperti humus atau bekas rawa yang telah lama terbentuk.

Sayangnya, masih banyak sistem pengolahan air di rumah tangga yang belum menggunakan karbon aktif untuk menghilangkan zat kimia dalam air, sehingga air tidak aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tanpa menggunakan karbon aktif, zat kimia dalam air dapat merusak dan menyebabkan masalah, seperti noda yang sulit dihilangkan pada pakaian, bak mandi, atau porselen. Oleh karena itu, disarankan dengan sangat untuk memanfaatkan penjernih air yang menggunakan karbon aktif. 

Baca Juga :  Filter Air Kran untuk Kamar Mandi Menyediakan Air Bersih dan Sehat Setiap Hari

Bahaya Menggunakan Air Bau Besi untuk Mandi

Air yang mengandung kadar zat besi yang tinggi cenderung menghasilkan bau tidak sedap yang mirip dengan aroma karat. Tingkat konsentrasi besi yang melebihi batas dapat menimbulkan bau tersebut, dan penggunaan air yang tercemar dapat membahayakan kesehatan manusia karena zat besi seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 416/Menkes/Per/IX/1990, batas maksimum konsentrasi zat besi yang diperbolehkan adalah kurang dari 1,0 mg per liter air. Beberapa tanda bahwa air mengandung kadar besi tinggi antara lain perasaan licin saat digunakan, pembentukan karat pada pakaian, ketidaknyamanan saat mandi, perubahan warna air menjadi kuning saat mengendap, dan bau yang tajam, seperti bau besi dan tanah. 

Berikut di bawah ini adalah risiko dapat timbul akibat tingginya kandungan zat besi dalam air, termasuk:

1. Gangguan Teknis

Zat besi yang bersifat korosif memiliki potensi untuk mengendap dan menyumbat saluran air serta peralatan pompa. Apabila tidak diatasi, kondisi ini dapat menimbulkan masalah teknis yang menghambat aktivitas sehari-hari.

2. Gangguan Fisik

Akibat paparan berulang terhadap larutan zat besi dalam air, dapat terjadi gangguan fisik. Batas konsentrasi normalnya seharusnya tidak melebihi 10 mg per liter karena melampaui batas ini bisa menyebabkan perubahan aroma, warna, dan rasa air.

3. Gangguan Kesehatan

Meskipun zat besi penting untuk tubuh, kelebihannya dapat membahayakan kesehatan. Konsumsi berlebihan air yang mengandung zat besi dapat menimbulkan masalah pada organ pencernaan, kulit, dan otak. Selain itu, air dengan kandungan besi yang tinggi dapat merusak peralatan dapur dan berpotensi membahayakan tubuh manusia.

Apakah air berbau besi berbahaya bagi kesehatan? Tentu saja, krena kelebihan zat besi dalam air dapat menimbulkan dampak negatif, baik pada aspek teknis, fisik, maupun kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah kandungan zat besi yang tinggi dalam air guna menjaga kualitas air yang aman dan sesuai untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara Mengatasi Air Bau Besi dan Kuning Dengan Nanotec

Cara Mengatasi Air Bau Besi dan Kuning dengan Nanotec

Untuk mengatasi masalah air bau besi dan kuning, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Salah satu solusi yang efektif adalah pemasangan media filter air. Jenis tabung Nanotec 1054 adalah pilihan yang dapat dipertimbangkan karena memiliki kemampuan untuk menyaring zat besi dan menghilangkan warna kuning pada air. Media filter ini bekerja dengan efisien untuk memperbaiki kualitas air sebelum mencapai keran mandi atau bak mandi. Filter ini merupakan solusi pintar untuk mendapatkan air yang bersih, mengatasi berbagai bentuk kontaminasi seperti sedimen, garam, bahan kimia, bakteri, dan logam berat.

Baca Juga :  Alat Penyaring Air Minum Rumahan Dengan Kualitas Terbaik

Filter air Nanotec menawarkan filtrasi tingkat tinggi untuk menjawab kebutuhan akan air bersih. Berbagai jenis nanoteknologi dapat digunakan sebagai filter air, memberikan keuntungan bagi mereka yang ingin memastikan air yang mereka gunakan bebas dari kontaminan. Filter air Nanotec berperan dalam mengatasi masalah krisis air bersih yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk wilayah di Indonesia. Solusi ini tidak hanya relevan untuk industri pengolahan air, tetapi juga dapat diterapkan di rumah tangga untuk menyediakan air yang bersih dan bebas kontaminan.

Beberapa teknologi nano juga menggunakan bahan seperti pasir zeolite sebagai adsorben untuk menangkap molekul berbahaya dalam air. Nanopartikel magnetik dapat digunakan untuk mengekstrak bahan kimia seperti pewarna dari air. Dengan adanya filter air nanoteknologi, kebutuhan rumah tangga akan air bersih dapat terpenuhi dengan lebih efektif.

Cara Pasang Media Filter Air Bau Besi dan Kuning Dengan Jenis Tabung Nanotec 1054

GAMBAR

Cara Pasang Media Filter Air Bau Besi dan Kuning dengan Jenis Tabung Nanotec 1054

Cara pasang media filter air yang bau besi dan kuning ini akan menggunakan sistem pompa air langsung,dengan artian air baku dari pompa jeat pump bawah akan dimasukkan ke unit tabung filter dan akan tersaring dan masuk ketoren sudah air bersih. Berikut dibawah ini mengenai spesifikasi, media, dan instalasinya:

Spesifikasi Tabung :

  • Frp 1054 Nanotec
  • Diameter 10inc (25cm)
  • Tinggi 54inc (135cm)
  • Kapasitas 1000 – 1500 liter

Media Filter :

  • Sand silica
  • Carbon Aktif
  • Manganis Grensand
  • Sand Aktif

Cara Pasang :

  1. Pasang trainer bawah pada tabung filter dengan memotong ketinggian mulut tabung.
  2. Isi tabung filter dengan media berurutan: pasir silica, karbon aktif (sekitar 20 kilogram), dan manganese greensand (sekitar 15 kilogram).
  3. Isi media hingga 80% dari tinggi tabung atau sesuai dengan patokan angka 1054 pada tabung Nanotec.
Baca Juga :  Media Filter Air Sumur Urutan, Jenis, dan Fungsinya

Sistem Instalasi :

  1. Pasang head multiport valve pada tabung Nanotec.
  2. Siapkan SDL satu kali ¾ dan lilitkan dengan solatip.
  3. Pasang kepala filter di body tabung Nanotec.
  4. Potong jalur dari pompa heat pump bawah untuk dihubungkan ke unit tabung filter.
  5. Tambahkan housing filter setelah keluaran dari unit filter air.
  6. Pastikan handle filter air berada dalam posisi “heat post” untuk mencuci media filter.
  7. Biarkan air keluar selama 1-2 menit, lalu pindahkan ke posisi backwash dan biarkan selama minimal 1-2 menit.
  8. Pindahkan ke posisi fastrean kedua setelah menunggu 1-2 menit.
  9. Setelah air menjadi jernih, pindahkan ke posisi fastrean untuk pembilasan.
  10. Lakukan backwash dan fastrean hingga mendapatkan air bersih dan jernih.
  11. Pindahkan ke posisi filter operasional untuk pemakaian sehari-hari melalui housing filter.

Dengan mengikuti langkah-langkah instalasi tersebut, kamu sekarang memiliki sistem filtrasi air yang efektif untuk mengatasi baunya besi dan warna kuning. Pastikan untuk melakukan pemeliharaan secara teratur dan menyesuaikan posisi filter sesuai kebutuhan harian untuk menjamin kualitas air yang bersih dan jernih di rumah kamu. Selamat menikmati air bersih dan sehat!

Kesimpulan

Air bau besi dan warna kuning dapat menimbulkan berbagai masalah teknis, fisik, dan kesehatan. Dengan menggunakan media filter air, seperti tabung Nanotec 1054, kita dapat mengatasi permasalahan tersebut. Filter ini menggunakan teknologi nanoteknologi untuk menyaring zat besi dan menghilangkan warna kuning pada air, menjadikan air bersih dan aman untuk digunakan.

Yuk, jangan biarkan air bau besi dan kuning mengganggu keseharian kamu. Pasanglah filter air Nanotec 1054 untuk mendapatkan solusi efektif dalam menjaga kualitas air di rumah kamu. Klik di sini untuk konsultasikan masalah kamu mengenai air yang bau besi dan kuning, dan temukan solusi terbaik untuk memastikan air bersih, sehat, dan bebas kontaminan. Investasikan pada kesehatan dan kenyamanan kamu dengan menggunakan filter air Nanotec untuk hasil yang optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top